Sejumlah Awak Media Keluhkan Lambannya Sistem Pelaporan Dinkes Soppeng Terkait Cobid 19

Berita768 views

Ilusttasi

CENDEKIA NEWS.CO.ID. SOPPENG — Sistem Pelaporan data Dinas Kesehatan Soppeng terkait Data Covid 19 dinilai sangat lamban, sehingga dikeluhkan oleh sejumlah pekerja media di daerah ini.

Pasalnya, sejak Tim Gugus Pengendalian dan Penanganan Covid 19 Kabupaten Soppeng ditunjuk dengan sistem informasi satu pintu melalui Jubir Tim Gugus Pengendalian dan Penanganan Covid 19, data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng yang dilaporkan ke Jubir selalu terlambat.

Akibatnya, informasi yang mestinya disampaikan secara resmi oleh Jubir Tim Gugus  kadang kala terlanjur gaduh dan menjadi bias karena sudah menjadi konsumsi publik di media sosial dengan beragam argumentasi yang kadang tidak jelas.

Situasi ini kembali terulang saat pekerja media yang  membutuhkan informasi terkait orang yang berstatus ODP Covid 19 yang meninggal di RSUD La Temmamala, hingga pukul 15.45 belum mendapat informasi karena Dinas Kesehatan  belum melaporkan datanya terkait status orang yang meninggal ini apakah ODP, PDP, Positif atau ada penyakit lain kepada Jubir untuk disampaikan ke media.

“Bayangkan, orang yang dengan status ODP ini meninggal sekira pukul 7.30 pagi, hingga sore pukul 15.53  begini datanya belum sampai ke Jubir, meskipun hanya sebatas apakah orang yang meninggal ini berstatus ODP atau PDP” ujar Sehank salah seorang wartawan online yang sudah sekian lama menunggu informasi di ruangan Jubir Tim Gugus Suriasni,Selasa 14/4/2020

Di tempat yang sama, Agus Setiawan (Mediatanews.Com) yang berkali kali menghubungi Kadinkes baik melalui WA maupun panggilan telepon sama sekali tidak  mendapat respon.

Sementara, Juru Bicara Tim Gugus Pengendalian dan Penanganan Covid 19 Kabupaten Soppeng, Suriasni  tak bisa memberi informasi yang dibutuhkan karena tidak adanya informasi yang disampaikan kepadanya.

” Maaf ya, laporannya belum saya dapatkan, dari tadi saya telepon ke Dinkes tapi belum tersambung. Tunggu sebentar, saya ke Dinkes dulu untuk mencari informasinya” tandasnya sambil beranjak menuju Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *