Wabup Soppeng Ir. Lutfi Halide : Kehidupan 1000 Hari Pertama Adalah Usia Emas

Berita996 views

CENDEKIA News.Com. — Soppeng,- Rapat koordinasi terkait percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Soppeng  dipimpin oleh Wabup Soppeng Ir. Lutfi Halide. MP, berlangsung di Aula Kantor Gabungan Dinas Kabupaten Soppeng, Senin 11/7/2022.

Wakil Bupati Soppeng Ir. Lutfi Halide. MP  mengungkapkan alasan mengapa pemerintah bekerja keras untuk percepatan penurunan stunting ini, khususnya di Soppeng, Tujuannya adalah untuk melahirkan generasi  yang cerdas dan  unggul.

Lutfi mengatakan, sesuai dengan visi, misi Bupati dan Wakil Bupati Soppeng dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) perjalanan kehidupan masyarakat Soppeng sejak dari dalam kandungan hingga lansia, harus ditangani dengan baik oleh pemerintah.

“Mulai dari kehidupan 1000 hari pertama, masa PAUD, sekolah, kuliah, kerja produktif, hingga lansia,” katanya.

“Hal inilah penyebab  SDM kita agak susah bersaing, karena banyak mantan stunting. Rentan waktu 1000 hari pertama kehidupan manusia, otaknya tidak hertumbuh secara maksimal, sehingga masa  setelah 1000 hari pertama sudah susah dipoles lagi,” urainya.

Olehnya itu, pemerintah harus melakukan intervensi agar 1000 hari pertama anak-anak kita, tidak lagi stunting, inilah masa yang paling penting  yaitu usia 9 bulan dalam kandungan dan dua tahun masa menyusui.

“1000 hari pertama ini sangat penting, karena  merupakan usia emas. Kalau kehidupan awalnya  baik, kondisinya normal, kemungkinan menjadi SDM unggul tentu akan lebih dekat, demikian pula sebaliknya” katanya.

“Usia emas ini menjadi penentu perjalanan hidup masyarakat kita selanjutnya,” katanya.

Target yang terdekat adalah target tahun 2022 mengejar penurunan stunting, minimal 3,2 persen. “Kita harus bersama-sama bekerja keras,” kata Lutfi.

untuk diketahui hadir pada kegiatan rakor ini adalah SKPD yang terkait antara lain :  Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Soppeng,  Kepala Inspektorat, Kadis Kesehatan, Kadis Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kadis Komunikasi dan Informatika, Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan, Kadis Sosial, perwakilan dinas pendidikan dan kebudayaan serta Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Soppeng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *