Desa Pising Kecamatan Donri-donri Gelar RKP Desa TA 2023

Berita665 views

CENDEKIA News.Com. Soppeng —  Memasuki semester kedua tahun 2022 ini, setiap Desa yang ada di Kabupaten Soppeng mulai menyusun rencana kerja Pemerintah Desa, yang dirapatkan dalam musyawarah desa (Musdes) dalam bentuk Rapat Kerja Pemerintah Desa (RKPDes).

Menindak lanjuti hal tersebut, Pemerintah Desa Pising  telah menggelar RKPDes Jum’at 29/07/2022  bertempat di Kantor Desa Pising.

Harapan Kepala Desa Pising yang diwakili oleh Sekertaris Desa, Baharuddin menyampaikan dalam penyusunan RKPDesa ini nantinya kita melihat kegiatan – kegiatan mana yang menjadi skala prioritas dan kami dari Pemeritahan Desa tetap secara transparasi dalam pengelolaan anggaran.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Camat Donri-Donri diwakili oleh Kasi  Pemberdayaan Masyarakat Desa  Hj.Syamsuriani,S.Ip.
kegiatan RKPDesa tahun 2023 ini saya buka dengan resmi,” ujar Kasi PMD

Hj.Syamsuriani,S.Ip  juga memberikan support dan saran agar usulan yang diajukan diharapkan benar – benar untuk perkembangan desa, baik infrastruktur, maupun bidang pertanian. Kegiatan ini bertujuan menggali aspirasi masyarakat, harus sesuai dengan pagu anggaran.

Lanjut dikatakan agar dalam perencanaan penyusunan dan penentuan penggunaan Dana Desa, harus memperhatikan prioritas.

“Dalam penyusunan dan perencanaan, saya sebagai Pemerintah Kecamatan Donri-Donri menyarankan agar aspirasi masyarakat bisa tepat sasaran dalam peruntukan dana desa nanti, silahkan memberikan usul dan masukan, tapi jangan lupa kebutuhan desa yang diprioritaskan agar dana desa bisa digunakan dengan sebaik- baiknya, ucap  Hj.Syamsuriani

Ditempat yang sama, Ketua  BPD A.Saefullah Tahir,S.Sos,MM untuk melanjutkan dan memimpin rapat pembahasan RKPDes tahun anggaran 2023 tersebut.

A.Saefullah Tahir,S.Sos,MM sebagai Ketua BPD memimpin langsung kegiatan tersebut. Kegiatan ini pula, dirangkaikan dengan pembentukan tim penyusun RKPDes.

Dalam arahannya Ketua Badan Permusyawaratan Desa menyampaikan kepada masyarakat untuk betul – betul mengawasi dan mengawal kegiatan pembangunan ini agar nantinya apa yang di inginkan masyarakat betul – betul bisa terealisasi, begitu pula diharapkan BPD selaku mitra Pemerintah Desa agar bisa bersinergi serta pengawasan di lapangan, selain itu Ketua BPD Desa Pising menegaskan dalam penyusunan Rencana Anggaran Belanja ( RAB ) betul sudah singkron dilapangan, dimana kita sering temukan RAB sudah disusun tapi ada kendala di lapangan, seperti belum adanya pembebasan lahan atau lainnya, Ketua BPD mengharapkan agar LPM dan masyarakat dapat mengawasi pekerjaan ini.

Selain itu perlunya tertib administrasi, karena bidang administrasi  sangat menentukan keberhasilan kegiatan ini, hal yang sangat sepele terkadang  menimbuikan Persoalan fatal dalam segi pengawasan, pemeriksaan. Begitupula dengan papan informasi kegiatan ucap A.Saefullah Tahir.

Hadir pada acara tersebut Kepala Dusun Solie, Kepala Dusun Amessangeng, ketua LPMD, Anggota BPD, Tokoh masyarakat, Agama, Pendidikan , dan tokoh pemuda. ( wyh )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *