AKBP Santiaji Kartasasmita SIK Kapolres Pinrang, Di Sambut Tari Padduppa

Berita610 views

CENDEKIA News. Com. Pinrang,– Usai melakukan serah terima jabatan (Sertijab) di Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Sulawesi Selatan Kamis  5/1/2023, AKBP Santiaji Kartasasmita SIK yang menjabat sebagai Kapolres Pinrang, tiba di Mapolres Pinrang disambut secara adat dengan persembahan Tari Padduppa, Jumat (6/1/2023)

Seperti lazimnya suku Bugis ketika menyambut tamu kehormatan biasanya di sambut dengan Tari Padduppa dalam sebuah upacara adat.

Tari Paduppa merupakan salah satu kearifan lokal Bugis-Makassar. Tarian Paduppa adalah tarian yang sering ditampilkan untuk menyambut tamu. Biasanya disebut pula sebagai tari selamat datang dari suku Bugis.

Tari Paduppa dibawakan dengan gerakan yang khas oleh para perempuan. Terdapat gerakan menabur beras yang bermakna sebagai tanda penghormatan dan juga dipercaya sebagai penolak bala atau gangguan roh-roh halus.

AKBP Santiaji Kartasasmita SIK yang menggantikan  AKBP Muhommad Roni Mustafa sebelumnya bertugas sebagai Kapolres Soppeng, sementara AKBP Muhommad Roni Mustofa selanjutnya mendapat  tugas baru sebagai Wakil Direktur pada Direktorat Lantas Polda Kaltim. (Ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *