Pegelaran Pesta Adat Pattaungeng di Pelataran Situs Arung Palakka

Daerah760 views

Monumen Arung Palakka, Takalala, Kelurahan Tettikenrarae Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng

Cendekia NEWS.Com. Soppeng — Arung Palakka lahir di Lamatta, Marioriwawo Soppeng, 15 September 1634 dan meninggal di Bontoala 6 April 1696 pada umur 61 tahun.
Ia adalah Sultan Bone yang menjabat pada tahun 1672-1696.

Ia memimpin kerajaannya meraih kemerdekaan dari kesultanan Gowa tahun 1666.
Arung Palakka pula yang menjadikan suku bugis sebagai kekuatan maritim besar dan mendominasi kawasan tersebut hampir seabad lamanya.

Dalam rangka menjaga kelestarian budaya ditengah gempuran kemajuan teknologi informasi, Pemerintah Kabupaten Soppeng dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama masyarakat Kecamatan Marioriwawo yang tetap peduli dan berkomitmen untuk mempartahankan Budaya Tradisionil, menggelar acara pesta adat Mattaungeng dipelataran monumen Arung Palakka, Takalala, Kelurahan Tettikenrarae Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng 5/10/2021.

Menurut wakil bupati Soppeng dalam sambutannya, pesta adat dilaksanakan setiap tahunnya janganlah dianggap kegiatan yang berbau syirik, akan tetapi tidak lebih sebagai upaya kita menghormati roh para leluhur kita serta budaya tradisional sebagai kearifan lokal mengandung makna simbol rasa syukur kepada sang pencipta.

Selanjutnya Wabup berharap kegiatan ritual ini perlu kita jaga dan lestarikan ditengah pengaruh arus budaya global.

Selain dihadiri pejabat teras Pemkab Soppeng, nampak pula para tetua adat , tokoh masyarakat, serta beberapa warga pecinta adat dari luar Kabupaten Soppeng.( sanusi muda )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *