Apel Gelar Pasukan Polres Soppeng Awali Operasi Keselamatan 2022

Berita972 views

CENDEKIA NEWS,Com, Soppeng.– Mengawali pelaksanaan Operasi Keselamatan 2022, Jajaran Polres Soppeng gelar apel pasukan yang dipimpin langsung  Kapolres Soppeng AKBP Santiaji Kartasasmita S.I.K, dengan tema “Melalui apel gelar pasukan Ops Keselamatan 2022 kita tingkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan menerapkan Protapkes di masa pandemi Covid – 19”, di Lapangan Apel Mako Polres Soppeng jalan Kemakmuran Kelurahan Lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng, Selasa 1/3/ 2022 pukul 08.00 wita.

Saat membacakan amanat Kapolda Sulawesi Selatan, Kapolres Soppeng AKBP Santiaji Kartasasmita ungkapkan bahwa “permasalahan di bidang lalu lintas ini telah berkembang dengan pesat dan dinamis, hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya populasi penduduk  yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidup dan peningkatan jumlah kendaraan bermotor”. Ujarnya

“yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan, keselamatan memang suatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas, dalam konteks ini lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas” Jelasnya.

Adapun jenis 7 sasaran pelanggaran yang menjadi prioritas pada Operasi Keselamatan 2022 yaitu

1. Tidak menggunakan helm SNI
2. Pengemudi kendaraan dalam keadaan pengaruh Alkohol atau Narkoba
3. Tidak menggunakan sabuk pengaman / safety belt
4. Pengendara yang berboncengan lebih dari satu
5. Anak yang berkendara dibawah umur
6. Pengguna Hp Saat berkendara
7. Melawan Arus Lalu lintas.

“Namun pada tindakan tersebut tetap mengedepankan tindakan persuasif humanis serta melakukan penindakan terhadap truk ODOL ( Over Dimensi dan Over Loading ) yang berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas”.tambah AKBP Santiaji.

Dalam penanganan jenis pelanggaran tersebut, dilakukan secara persuasif humanis dengan memberikan tindakan teguran kepada pelanggar, selain tindakan teguran juga dilaksanakan sosialisasi dan edukasi secara massif tentang disiplin dalam berlalu lintas.

Di harapkan pada operasi Keselamatan tahun 2022 ini dapat memutus mata rantai penyebaran Covid – 19, menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan black spot, Trouble spot serta dapat meminimalisir fatalitas kecelakaan lalu linntas yang mengakibatkan korban meninggal dunia”. Pungkasnya.

Untuk diketahui, hadir dalam kegiatan ini, Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak SE, Ketua DPRD Kabupaten Soppeng H. Syahruddin M. Adam S.Sos M.M, Dandim 1423 Soppeng Letkol Inf Richard M. Butar – Butar S.A.P M.Tr. ( Han ), Ketua Pengadilan Negeri atau yang mewakili, Wakapolres Soppeng Kompol H. Muhiddin Yunus S.H M.H, Pasi Ops Kodim 1423 Soppeng Kapten Inf. Sailella, para PJU Polres Soppeng setingkat Kabag, Kasat, Kapolsek Perwira dengan peserta apel terdiri dari personil Kodim 1423 Soppeng, Gabungan Satfung Polres Soppeng, Sat Pol PP serta PSC 119 Pemkab Soppeng. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *