Panglima Kodam XIV/Hsn Lakukan Pencanangan Food Estate Di Mako Dodiklatpur Bance’E Bone

Berita523 views

CENDEKIA NEWS.Com. Bone. — Panglima Kodam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, S.H.  bersama Ny. Amelia Andi Muhammad (Ketua Persit KCK PD Dam XIV/Hsn) di dampingi  oleh Danrem 141/Tp Brigjen TNI Djashar Djamil, S.E., M.M beserta rombongan lakukan Kunjungan Kerja Pencanangan Food Estate bertempat di Mako Dodiklatpur
Rindam XIV/Hsn Bance’E Kabupaten Bone Sabtu 26/3/2022 pukul 09.00 Wita

Tiba di Mako Dodiklatpur Pangdam XIV/Hasanuddin disambut oleh Kolonel Inf Simatupang Danrindam XIV/Hasanuddin dan Dandodiklatpur XIV/Hsn Letkol Inf  Andika Ari Prihantoro beserta Wakil Bupati Bone dan Unsur Forkopinda Kabupaten Bone lainnya.

Kegiatan Pencanangan Food Estate ditandai dengan Pemukulan Gong oleh Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad dan dilanjutkan dengan Penanaman  Bibit Jagung  didampingi Danrem 141/Tp Brigjen TNI Djashar Djamil, S.E., M.M. Danrindam XIV/Hsn Kolonel Inf Simatupang, Dandodiklatpur XIV/Hsn, Ltk Inf Andika Ari Prihantoro, Dandim 1407/Bone Letkol Kav Budiman, Wakil Bupati Bone, Drs H Ambo Dalle M.M dan Unsur Forkopimda Kabupaten Bone.

Usai Penanaman Bibit Jagung Pangdam XIV/Hsn memberikan sambutan yang intinya kegiatan pencanangan Food Estate ini merupakan salah satu wujud kepedulian Kodam XIV/Hasanuddin dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani melalui ketersediaan logistik wilayah, sesuai kearifan lokal guna mewujudkan kemandirian pangan, sekaligus sebagai wadah untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Hal ini juga sejalan dengan arahan Kepala Staf Angkatan Darat  yang senantiasa disampaikan kepada jajaran TNI AD, yaitu TNI AD harus hadir dalam upaya untuk mengatasi kesulitan rakyat, terutama untuk membantu perekonomian masyarakat yang sempat mengalami masa-masa sulit selama pandemi Covid-19.

Kegiatan Food Estate yang  dilaksanakan saat ini, juga diarahkan pada sistem agribisnis yang berakar kuat di pedesaan yang berbasis pada upaya pemberdayaan masyarakat adat/lokal yang merupakan landasan  dalam pengembangan wilayah.

Dalam hal ini, komoditi yang akan diprioritaskan dalam jangka panjang tidak hanya jagung namun juga diharapkan pada komoditas padi, jagung, kedelai, ubi kayu, ubi jalar, kacang tanah, bahkan buah-buahan dan sayur-sayuran.

Kegiatan ini merupakan wujud peran Kodam XIV/Hasanuddin untuk mendukung Pemerintah Daerah dalam mensukseskan program ketahanan pangan, sekaligus sebagai respon atas penurunan aktivitas masyarakat akhir-akhir ini sebagai akibat pandemi Covid-19 yang berdampak pada faktor ekonomi.

Kontributor : Mayor Cpl Tang Upe, ST
Editor : Agus Wittiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *