Pemerintah Desa Pising Gelar Pelatihan Pengelolaan Manajemen BUMdes

Daerah1,136 views

CENDEKIA News. Com Soppeng — Pemerintah Desa  Pising Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng  menggelar kegiatan pelatihan manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di aula kantor Desa Pising Selasa (19/04/2022).

Kegiatan Pelatihan BUMDES  ini menghadirkan narasumber dari dinas PMD Kabupaten Soppeng Syamsuddin,SE, M.Si yang juga selaku narasumber, Tenaga Ahli Pendamping Desa,

Dalam sambutannya Kepala Desa Pising yang diwakili Sekretaris Desa Baharuddin mengatakan, BUMDes merupakan bagian penting dari upaya mempercepat proses pertumbuhan pembangunan ekonomi Desa, menurutnya ditengah realitas perekonomian seperti sekarang ini, masyarakat desa semestinya diberdayakan untuk mampu berdaulat secara ekonomi, salah satunya melalui BUMDes.

Kepada para peserta pelatihan kiranya dapat mengikuti acara ini hingga selesai ujar Sekdes Baharuddin.

Camat Donri-Donri di Wakili Sekretaris Camat Hj.Kartini SE dalam sambutannya mengatakan bahwa “Kehadiran BUMDes sangat penting untuk mendorong pembangunan ekonomi desa, dengan kehadiran BUMDes diharapkan dapat membantu mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PAD) dan dapat mensejahterakan masyarakat.

Sekretaris Camat Hj. Kartini menambahkan bahwa “Daerah kita dianugerahi kekayaan alam dan potensi yang tidak terbatas. Ini harus disyukuri sebagai peluang untuk kemudian dimaksimalkan dengan baik oleh Bumdes, serta  tetap memperhatikan aspek hukum dalam pengelolaan keuangan desa. Selain itu, Bumdes harus di atur dengan Peraturan Desa (Perdes) tentang penyertaan modal BUMDes.

Bahwa, pelatihan pengelolaan BUMDes sangatlah penting, agar kita dapat menambah ilmu dan wawasan dalam pengelolaan Laporan keuangan Bumdes.

Dia berharap, dengan adanya pelatihan ini, pengurus BUMDes tidak lagi kewalahan dalam mengelola unit usaha nantinya.

“Kegiatan pelatihan pengelolaan anggaran BUMDesa ini sangat penting dilakukan untuk membekali para pengurus BUMDes agar mampu mengelola dan mengembangkan BUMDes secara baik, sehingga bermanfaat bagi masyarakat desa,” ujarnya Hj. Kartini,SE,M.Si sekaligus membuka acara pelatihan.

Hadir pada acara tersebut Babinsa Desa Pising Hamzah, Staf Desa,Tokoh masyarakat, dan para anggota BUMDes.(wrf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *