Ir. Lutfi Halide. MP : Esensi Harkitnas Mendorong Kita Bangkit Kembali Pasca Pandemi Covid 19

Berita725 views

CENDEKIA News.Com. Soppeng — Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2022 ke 114 dengan tema “Ayo Bangkit Bersama” diperingati  Pemerintah Kabupaten Soppeng.  Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP bertindak selaku Inspektur upacara dan Komandan upacara Letda Inf. Endang Hermana. Kegiatan berlangsung di halaman Kantor Bupati Soppeng Jum’at 20/5/2022.

Pidato seragam Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Johnny G. Plate) dibacakan oleh Wabup Soppeng Ir. Lutfi Halide,MP mengatakan : Tema yang dipilih tahun ini Ayo Bangkit Bersama sebagai seruan agar kita
untuk bersama-sama bangkit kembali dari musibah non alam pandemi COVID-19 selama dua tahun terakhir.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

– Penanganan COVID-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya
aktivitas masyarakat secara normal. Hal ini mendorong pemulihan
perekonomian nasional. Perekonomian Indonesia pada triwulan I-2022 terhadap
triwulan I-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01%.Hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif, kecuali Administrasi Pemerintahan dan Jasa Pendidikan.

– Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung
tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.

Pertemuan G20 yang akan berlangsung di Bali dipimpin oleh Indonesia tahun ini mengusung tiga isu prioritas,
yaitu Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif, Transformasi berbasis Digital dan Transisi Energi Berkelanjutan.

– Tema dan isu prioritas G20 yang diangkat Indonesia merupakan cerminan dari semangat kebangkitan yang kita rayakan pada hari ini, yakni di tengah keterpurukan akibat pandemi COVID-19, tidak pernah menyurutkan cita kita untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat. Indonesia terus mendorong negara-negara anggota G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata dan siap berkolaborasi serta menggalang kekuatan sehingga masyarakat dunia dan kemanusiaan dapat merasakan dampak nyata dari kerja sama ini.

– Mengutip ucapan Dr. Sutomo “Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapa pun juga.”

– Di tengah momentum penanganan nasional COVID-19 yang makin membaik dan
Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini
sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Kabupaten Soppeng, Para Anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Soppeng, Para Staf Ahli, Para Asisten Setda, Para Kepala SKPD, TNI/Polri, para ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Soppeng.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *