Gempabumi Tektonik Berkekuatan M5,8 Di Selat Makassar, Guncang Mamuju Sulawesi Barat

Berita530 views

Suasana pasca gempa di halaman kantor PLN Mamuju

CENDEKIA News. Com. Mamuju — Pada Hari Rabu 08 Juni 2022 pukul 12.32.36 WIB wilayah Pantai Barat Mamuju, Sulawesi Barat kembali diguncang gempa tektonik. Berdasarkan Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,8.

Di laporkan Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,77° LS ; 118,56° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 26 Km arah Barat Tapalang Barat, Mamuju, Sulawesi Barat pada kedalaman 10 km. Tidak berpotensi tsunami.

Warga yang sedang istirahat tiba-tiba dikejutkan dengan getaran yang cukup keras yang berlangsung kurang dari satu menit itu membuat warga sekitar panik dan berhamburan keluar rumah saat merasakan guncangan gempa.

“Saat terjadi gempa saya sedang berada di kantor (Bappeda) terasa kursi dan meja bergetar. Karena panik jadi saya beserta teman-teman lari keluar kantor”, ujar A. Hera Zaenal salah satu warga, saat dihubungi melalui telepon celularnya kepada Cendekianews

Lanjut disampaikan dirinya bersama keluarga dan beberapa warga saat ini mulai meninggalkan rumahnya di perumahan BTN untuk mengungsi ketempat yang lebih tinggi dan aman karena trauma dengan kejadian gempa  tahun 2021 lalu. Ujarnya

Pihak BMKG menghimbau kepada warga agar berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan resmi dari pihak terkait jumlah korban, bangunan rusak dan kerugian yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.(Ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *