Menteri Parekraf, Sandiaga S. Uno Kagumi Kerajinan Motif Ecoprint, Karya UMKM Kampung Sabbeta Soppeng

Berita837 views

CENDEKIA News.  Com, Kendari. — Kementerian Parawisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf) menggelar pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Tahun 2022 di sebuah pusat perbelanjaan di Kota  Kendari,pada hari Jum’at (26/8/2022).

Pameran tersebut menghadirkan 27 finalis yang lolos dari 6.000 pelaku UMKM yang mendaftar di 16 kabupaten kota se Sulawesi Tenggara. Pameran ini berlangsung mulai tanggal 26 sampai 28 Agustus 2022

Menteri Parekraf, Sandiaga Salahudin Uno dalam sambutannya mengatakan bahwa tahun 2021 ini sudah banyak pelaku UMKM yang masuk ke ekonomi digital.

” Untuk tahun 2021 sudah 19 juta pelaku UMKM yang masuk ke platform ekonomi digital, jadi saya harap tahun 2022 ini teman – teman yang lain bisa ikut serta,” ujar Sandiaga.

Dia juga mengungkapkan, program  AKI ini bisa memberikan manfaat terhadap pelaku UMKM.

” Jadi program AKI ini sangat bagus buat teman-teman, karena melalui program ini kalian bisa menemukan potensi untuk di kembangkan,” jelasnya.

Menteri Parekraf, Sandiaga Salahudin Uno usai acara, langsung mengunjungi stand pameran UMKM dari berbagai daerah. Salah satunya
Stand UMKM Kabupaten Soppeng, Sandiaga Uno mengagumi dan tertarik dengan pembuatan motif Ecoprint sutera, bahkan dengan kreasi tangan emak- emak membuat Ecoprint baju kaos dan Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno langsung membelinya, sebelumnya Sandiaga menerima gambaran Ecoprint sutera yang dibuat di Kabupaten Soppeng tepatnya di Kampung Sabbeta Desa Pising Kecamatan Donri-Donri ujar Musdalifa Riwayati ketika menerima Menteri Parekraf.

Pembuatan Ecoprint terbilang sederhana dan mudah jika dibandingkan dengan Batik karena hasil kerajinan Ecoprint dapat menggunakan dedaunan, sedangkan Batik harus menggunakan canting dan cairan khusus ujar Musdalifa

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari Hj. Sri Lestari Sulkarnain yang juga turut hadir dalam kegiatan tersebut, terlihat mengunjungi beberapa stand pameran.

Ketua Dekranasda Kota Kendari ini juga membeli sejumlah karya hasil penggiat UMKM. Dia memberikan motivasi serta masukan untuk mendorong para penggiat UMKM agar lebih semangat dan inovatif dalam mengembangkan usahanya ujar Hj.Sri Lestari

Pada kegiatan itu di hadiri pula, anggota DPR RI dari fraksi Nasdem,Tina Nur Alam dan kepala perwakilan Bank Indonesia (BI) Sultra, Doni Septadijaya. (WYH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *