Paguyuban KKS  Adalah Ruang Untuk Berinteraksi, Belajar Arti Modal Sosial.

Berita697 views

CENDEKIA News. Com. Makassar — Dalam kesempatan buka bersama Kerukunan Keluarga Soppeng (KKS) di kediaman Sohibul bait H. Sukardi Haseng (Dewan Pembina DPP KKS) jalan Racing Center Jum’at 5/4/2023. Ketua harian DPP KKS Dr. A. Jaya Sose turut menyampaikan sambutan.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. A. Jaya Sose selaku ketua harian DPP KKS saat diwawancarai Cendekianews mengatakan bahwa, “saya kembali mengingatkan kepada warga Soppeng dimanapun berada bahwa, Perkumpulan kita (KKS) merupakan ruang untuk berinteraksi, belajar tentang apa arti modal sosial”.

Dalam memperolehnya, hal demikian hanya menuntun kita untuk menjadi sesuatu (Mendapat predikat mulia dimasyarakat) bukan untuk memiliki sesuatu, yang pada gilirannya menciptakan kondisi batin dan jiwa yg harmonis bukan dalam serangkaian keadaan yg serba material.

Sejatinya suatu komunitas jika mereka para pengurus bergerak bebas tanpa tekanan dalam kehidupan yang lebih baik beriterkasi bersama warga, yang menciptakan relasi saling memberi.

Sebagai perantau dimanapun kita berada paguyuban ini harus menjadi perekat persatuan sehingga kohesivitas menjadi tolok ukurnya. KKS sebagai wadah harus menyediakan ruang, memfasilitasi dan mengagregasi segala bentuk yang mendukung terciptanya suatu modal sosial.

Hal tersebut yang pada  gilirannya nanti, dapat menyelesaikan konflik jika ada atau sebelum adanya konflik di dalam masyarakat, modal sosial yg dimiliki dapat memberikan kontribusi tersendiri bagi integrasi sosial, membentuk prioritas sosial bagi masyarakat dengan pilar kesukarelaan dan endingnya bisa menjadi alat tawar-menawar terhadap pemerintah.

Modal sosial tidak bisa dibeli dengan duit, karena Ia adalah ruang untuk akulturasi, manusia di dalamnya berinteraksi dan akan melahirkan figur yg beritegritas.

Penulis : Dr. A.Jaya Sose. MBA
Editor : Agus Wittiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *