La Patau Matanna Tikka Tokoh Penting Peletak Dasar Hubungan Persaudaraan Dan Kerjasama Persatuan Di Sulawesi Selatan dan Barat.

Berita432 views

CENDEKIA News. Com. SOPPENG, — Kegiatan Festival Gau Maraja La Patau Matanna Tikka II tahun 2023 di Soppeng memasuki hari ke Tiga ( 3), yang  menggelar Kirab Budaya di anjungan I Mangkawani dan sepanjang jalan Pemuda  Kelurahan Lemba Kecamatan Lalabata, Senin (17/7/23).

Drs. Andi Agus Nongki M.Si selaku Ketua Pelaksana kegiatan Kirab budaya dalam rangkaian Acara  Gau Maraja Lapatau Matanna Tikka   menyampaikan bahwa,
Kirab budaya di ikuti 8 Kecamatan Desa dan kelurahan, OPD Kabupaten Soppeng dan 3 peserta dari luar Kabupaten Soppeng yakni dari Kabupaten Gowa, Jeneponto dan Polewali Mandar.

Peserta Kirab budaya  dilepas oleh Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak. Dalam sambutannya Bupati Soppeng H.Andi Kaswadi Razak,SE menyampaikan terima kasih kepada semua peserta tamu budaya baik lokal maupun tamu Internasional dan di Tamu Narasumber seminar Internasional dan para Raja, Sultan Perwira LPMT yang sempat hadir. Andi Kaswadi memaparkan bahwa La Patau Matanna Tikka adalah tokoh penting yang telah meletakkan dasar-dasar hubungan persaudaraan dan kerjasama persatuan di Sulawesi Selatan dan Barat.

Selain sebagai raja La Patau Matanna Tikka juga menjadi simbol dalam gerakan sempugi atau penyatuan geologis antar bangsawan Bugis Makassar dan Mandar di Sulawesi Selatan dan Barat.

Pada kesempatan itu juga Andi Kaswadi menjelaskan tujuan pelaksanaan Kirab Budaya ” Pelaksanaan kirab ini menjadi media yang cukup representatif menjadikan mengenalkan kembali identitas lokal yang telah ada dan mengakar atau mungkin saja terkubur bersama sejarah pelakunya,”Jelas Andi Kaswadi.

Selanjutnya Pelepasan peserta Kirab Budaya Gau Maraja Matanna Tikka ditandai dengan penabuhan gendang oleh Bupati Soppeng H.Andi Kaswadi Razak, SE didampingi Ketua Mars Soppeng Andi Tantu Andi Galib,

Turut hadir dalam acara pelepasan Kirab Budaya Gau Maraja Lapatau Matanna Tikka Bupati Soppeng bersama ketua Tim Penggerak PKK, Wakil Bupati Soppeng, Ketua DPRD kabupaten Soppeng bersama anggota, Forkopimda dan Majelis Agung Raja Soppeng bersama Raja dan Sultan Sesulbar, Ketua Perwira LPMT bersama anggota, Narasumber Seminar Internasional dan para tamu undangan. ( WYH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *