SMA Negeri 1 Soppeng Gelar Ritual Pernikahan Adat Bugis Pada Perayaan Hasil Belajar P5

Berita2,495 views

CENDEKIA News. Com. SOPPENG.Dalam rangka mengimplementasikan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) siswa SMA Negeri 1 Soppeng mengelar perayaan hasil belajar P5 berlangsung di halaman SMAN 1 Soppeng jalan Samudera Kelurahan Botto Kecamatan Lalabata Soppeng, Senin 13/12/2023.

Ketua panitia Drs. A. Alimin menjelaskan bahwa tema yang ditampilkan adalah kearifan lokal dengan topik prosesi pernikahan adat Bugis, dari semua rangkaian kegiatan ini dilakoni seluruhnya oleh siswa kelas X.

Lanjut disampaikan bahwa kegiatan ini merupakan penguatan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar.

Kepala UPT SMAN 1 Soppeng Naharuddin. SPd. MPd mengatakan Berdasarkan Kemendikbudristek No.56/M/2022, P5 ini merupakan kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi. Juga sebagai upaya mewujudkan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Lanjut disampaikan Penerapan P5 ini berbasis atas kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan satuan pendidikan. Artinya, para pelajar diajak untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Ujar Naharuddin saat wawancara dengan CN

Dengan kata lain, siswa diberi kesempatan seluas-luasnya untuk ‘mengalami pengetahuan’. Seperti ditegaskan oleh Ki Hajar Dewantara bahwa anak-anak mesti didekatkan hidupnya kepada kehidupan rakyat agar mereka tidak hanya memiliki pengetahuan saja, tapi bisa mengalaminya sendiri. Pungkas Naharuddin. (Ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *