Halal bi halal Tradisi Khas Indonesia Sebagai Refleksi Islam Sebagai Agama Toleransi

Berita474 views

CENDEKIA News. Com. Makassar.Allahuakbar.. Allahuakbar… Allahuakbar walillahilhamdu, sesaat berlalunya bulan suci Ramadhan dan perayaan hari Idul Fitri 1445 H, Dewan Pimpinan Pusat Kerukunan Keluarga Soppeng (DPP KKS), melaksanakan acara Halal bi halal, pada hari Senin tanggal 15 April 2024 di Hotel Four Points by Sheraton Jl. A.Djemma Makassar.

Ketua panitia Dr. Hj. Sakka Pati. SH. MH dalam laporannya mengatakan kegiatan halal bi halal 1445 H yang digelar  ini bertema “Perkuat Silaturahim Kita Wujudkan Yassisoppengi Sirui Menre Tessirui No”  disamping itu kegiatan ini sarat dengan nilai religius, nilai kebersamaan antar sesama warga Soppeng di perantauan.

Ketua umum DPP KKS Irjen Pol (P) Dr. H. Burhanuddin Andi. MH dalam sambutannya menuturkan  bahwa Halal bi halal menjadi tradisi khas Indonesia yang merefleksikan Islam sebagai agama toleransi, yang mengedepankan pendekatan hidup rukun dengan semua.
Pesan universal Islam untuk selalu berbuat baik, memaafkan kesalahan orang lain dan sarana untuk saling berlomba-lomba dalam kebaikan sehingga tetap menjadi warna tersendiri bagi masyarakat muslim Indonesia.

Terlepas dari makna sebenarnya kegiatan halal bi halal tergantung pada niat orang yang menggelarnya dan perspektif setiap masyarakat dari mana menilainya. Jangan sampai silaturahmi hanya sebatas simbol kepedulian dan ajang pencitraan untuk memenuhi agenda terselubung dalam rangka memeriahkan hari raya kemenangan ini. Ujar Burhanuddin Andi

Bupati Soppeng A. Kaswadi Razak menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada DPP KKS atas perhelatan Halal bi halal yang luar biasa ini, terkhusus kepada panitia penyelenggara yang menghadirkan acara yang spektakuler dan menghadirkan berbagai tokoh Sulsel dan Soppeng.

Sejarah mencatat Soppeng adalah Kota kecil namun sangat diperhitungkan, karena ternyata banyak menghasilkan orang pintar, saya bangga jadi orang Soppeng. Ujar A. Kaswadi

Sekedar diketahui bahwa kegiatan Halal bi halal ini dihadiri oleh Pj. Gubernur Sulsel, Walikota Makassar, Bupati Soppeng, Ketua dan wakil ketua DPRD  dan legislator Soppeng (DPR RI, DPRD Propinsi dan DPRD ) Kepala Dinas, Kabag, Camat  se Kabupaten Soppeng dan kurang lebih 1.000 orang warga Soppeng termasuk perwakilan DPW dan DPD KKS dari seluruh penjuru Nusantara. (Ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *