Kodim 1423 Latemmamala Soppeng Prakarsai Latihan Mitigasi Bencana Banjir

Daerah750 views

Apel persiapan Latihan Mitigasi  Bencana Banjir di Anitue Kel Kaca Kecamatan Marioriawa

CENDEKIA NEWS.CO.ID. SOPPENG — Menyikapi kondisi curah hujan yang tinggi di Kabupaten Soppeng akhir akhir ini, Kodim 1423/Soppeng yang dikomandoi oleh Letkol Inf Richard M Butarbutar, S. Ap., M. Tr (Han) menggelar latihan mitigasi bencana banjir secara terpadu di Kampung Anitue Kelurahan Kaca Kecamatan Marioriawa Soppeng minggu 5/7/2020.

Kegiatan ini diprakarsai oleh Kodim 1423 Latemmamala Soppeng dengan melibatkan berbagai unsur tehnis antara lain Polres, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng.

Secara geogtafis beberapa wilayah di Kabupaten Soppeng merupakan daerah yang rawan terjadinya berbagai bencana alam seperti banjir, kebakaran hutan dan tanah longsor.

Dengan gelaran latihan mitigasi ini, diharapkan nantinya Satgas Penanggulangan Bencana di Kabupaten Soppeng dapat segera bergerak dengan cepat, tepat dan efisien,” ujar Dandim 1423/Soppeng, Letkol Inf Richard M Butarbutar, S. Ap., M. Tr (Han).

Selanjutnya dikatakan Bahwa dalam  mengantisipasi terjadinya suatu bencana, Dandim 1413 Latemmala menginstruksikan kepada personilnya dan seluruh pihak terkait, agar terus melaporkan setiap perkembangan perubahan cuaca alam, terutama di lokasi-lokasi yang dinilai rawan terjadinya suatu bencana.

Adapun materi dalam latihan mitigasi bencana banjir meliputi :
1. Evakuasi warga yang terisolasi banjir.
2. Distribusi logistik dan air minum ke sejumlah kepala keluarga yang rumahnya masih terendam banjir.
3. Pelayanan khusus warga yang terpapar covid.
4. Pelayanan di tenda pengungsi.

Letkol Inf Richard M Butarbutar, S. Ap., M. Tr (Han) berharap melalui latihan gabungan ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk mencapai proses profesionalisme dalam pelaksanaan tugas dilapangan.

Baik tugas Operasi Militer Perang (OMP) maupun tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sebagai salah satu tugas TNI  membantu Pemerintah Daerah dalam menanggulangi segala bentuk bencana alam. Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *