Irjen Pol (P) Burhanuddin Andi : Jangan Ragu Buat Berita Kontrol untuk Menuju Ke Suatu Kebaikan.

Berita2,174 views

CENDEKIA NEWS.Com. Soppeng — Ketua Dewan Pembina Wartasulsel.Id, Irjen Pol (Purn) Dr. Burhanuddin Andi,SH MH  berpesan kepada para jurnalis untuk tidak ragu melakukan berita kontrol sepanjang didukung fakta dan data serta dalam koridor kode etik jurnalis. Jangan hanya mengejar kuantitas tapi juga kualitas sebuah konten berita.

Hal ini diutarakan  Burhanuddin Andi yang juga mantan Kapolda Sulselbar dalam sambutannya pada acara Anniversary ke-II Media Wartasulsel.Id di Lavore Cafe, jalan Kemakmuran Watansoppeng, Kamis malam 30/12/2021.

“Bukan hanya banyaknya berita yang kita butuhkan tapi kualitas isi beritanya. Banyak berita yang saya baca selama ini tapi tidak tuntas,” ujar Burhanuddin.

Menurut Burhanuddin, isi berita saat ini kebanyakan hanya menyerang individu tertentu. Sehingga pembaca tahu bahwa media ini dipegang oleh pihak ini dan itu.

“Di era yang semakin maju ini, Pembaca juga semakin pintar. Mereka hanya membaca  judulnya saja, dia sudah tahu berita ini arahnya kemana,” ujarnya.

Burhanuddin pun berharap semua media agar lebih selektif  sebelum menayangkan sebuah berita, caranya dengan melakukan diskusi sehingga berita yang diterbitkan sesuai dengan fakta tanpa harus ‘dipelentir’ atau ‘diplesetkan’.

Hal ini sangat penting dilakukan, agar media dapat menjadi jembatan mengkomunikasikan berita yang disampaikan dengan baik kepada publik, sehingga nantinya tidak disepelekan atau dicap buruk.

“Buatlah berita yang tidak membuat orang jadi korban, tapi justru menjadi sadar dengan perilakunya dan jadilah media yang bisa membangun wilayah dan sumber daya manusia. Kita senantiasa dipayungi dengan Undang-undang Pers dan patuhi Kode Etik Jurnalis” pungkas Burhanuddin Andi. (Ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *