Tentang Uang

Uncategorized317 views

Penulis : A. Jaya Sose

CENDEKIA News. Com. Makassar. — Cara menjadi kaya atau mendapatkan uang dan tetap mempertahankan kekayaan atau menyimpang uang adalah dua keterampilan yang berbeda, kata Morgan Hoster dalam cerita pendeknya ke beberapa wirausaha.

Untuk mendapatkan uang, diperlukan pengambilan risiko optimisme dan cara tampil di hadapan publik.
Namun, menyimpan uang membutuhkan kebalikannya
yaitu diperlukan kerendahan hati, rasa takut kehilangan apa yang didapat dengan cepat, serta sikap berhemat dan pengakuan bahwa apa yang didapat itu sebagai keberuntungan, sehingga keberhasilan dimasa lalu tidak bisa diandalkan untuk berulang terus-menerus.

Mengelola uang dengan baik tidak ada hubungannya dengan kecerdasan tapi lebih banyak berhubungan dengan perilaku.
Sedangkan perilaku itu sukar diajarkan, termasuk kepada orang-orang yang sangat cerdas.

Seorang genius yang kehilangan kendali atas emosinya bisa mengalami bencana keuangan. Sebaliknya, orang biasa tanpa pendidikan finansial bisa kaya jika mereka punya sejumlah keahlian terkait perilaku yang tak berhubungan dengan ukuran kecerdasan formal.

Keberuntungan dan risiko adalah saudara kembar sama-sama merupakan realitas bahwa tiap hasil dalam hidup dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan dari luar diri yang dominan selain upaya individu atau kita sendiri.
Keduanya sangat mirip sehingga kita tak bisa percaya salah satunya tanpa menghormati yang lain. Keduanya terjadi karena dunia terlalu kompleks untuk
memperkenankan 100% perbuatan kita menentukan 100% hasil.
Keduanya didorong oleh hal yang sama yakni Kita adalah orang dalam permainan yang melibatkan banyak orang lain dan banyak sekali bagian yang bergerak maka, dampak tindakan kebetulan di luar kendali kita bisa lebih besar daripada tindakan yang sengaja dilakukan.

Hal demikian seolah menjadi sikap paradoks yang mesti terkelola. Manusia lemah percaya akan keberuntungan, manusia kuat percaya pada asas sebab dan akibat, karena yang tidak pasti dalam keberuntungan adalah kapan DATANG dan PERGINYA.
Akan tetapi, ingat bahwa keberuntungan datang kepada orang yang selalu mencari sesuatu, itulah yang disebut sang entrepreneurship. (Ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *